Lokakarya Evaluasi Kegiatan 2010 dan Perencanaan Penguatan Kelembagaan 2011 KPA Provinsi Jawa Timur

Bertempat di RM Agis Surabaya, pada tanggal 13-14 Desember 2010 diselenggarakan Lokakarya Evaluasi Kegiatan 2010 dan Perencanaan Penguatan Kelembagaan 2011 Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Jawa Timur. Lokakarya ini dihadiri oleh beberapa anggota dari KPAP Jawa Timur dan juga beberapa perwakilan dari masyarakat sipil seperti JOTHI, EJA maupun GWL-INA.

Dalam lokakarya yang didukung dan difasilitasi oleh HCPI ini dipaparkan hasil kegiatan KPAP Jawa Timur selama tahun 2010. Lalu hasil dari kegiatan tersebut dievaluasi bersama oleh seluruh peserta lokakarya. Beberapa aspek kelembagaan yang dievaluasi meliputi: visi dan misi; struktur organisasi; kepemimpinan; sumber daya manusia; kesekretariatan; manajemen dan sistem organisasi; manajemen keuangan; program; monitoring dan evaluasi; komunikasi dan koordinasi; advokasi; pendanaan; serta jejaring dan dukungan pemangku kepentingan dan masyarakat. Masing-masing aspek yang dinilai diberi skor 1 yang berarti lembaga berada dalam tahap Awal, skor 3 yang berarti lembaga dalam tahap Berkembang dan skor 5 yang berarti lembaga sudah dalam tahap Berkelanjutan.

Dari evaluasi yang dilakukan, dapat dilihat adanya kemajuan selama kegiatan tahun 2010. Terlihat adanya peningkatan jika dibandingkan dengan hasil evaluasi kegiatan KPAP Jawa Timur tahun 2009. Namun ada catatan terhadap beberapa kegiatan KPAP Jawa Timur yang dianggap masih lemah, seperti: monev, advokasi, struktur organisasi, pendanaan, serta komunikasi dan koordinasi. Sehingga untuk tahun 2011 perlu adanya perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Keterlibatan masyarakat sipil juga akan menjadi perhatian penting di tahun 2011. Beberapa pertemuan koordinasi dengan masyarakat sipil akan difasilitasi oleh KPAP Jawa Timur di tahun 2011, termasuk pertemuan sebelum KPAP Jawa Timur menghadiri Musrenbang Jawa Timur. (KB).

Source: web GAYa Nusantara

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *