Lapoaran Kegiatan ISEAN Hivos Program Quarter 3 (April – Juni 2012)

Kepada teman-teman anggota Jaringan GWL-INA yang terhormat, berikta adalah laporan singkat dari kegiatan ISEAN Hivos untuk periode quartal-3 (April –Juni 2012), dimana kegiatan yang diadakan selama periode kerja tersebut adalah:
1. Pertemuan konsultasi dan mobilisasi CBO dan group komunitas
2. Pelatihan ToT – modul “Leadership, Governance and Strategic planning Development CBO”
3. Pelatihan peningkatan kapasitas “Rencana strategis CBO”
4. Kunjungan supervisi kordinator wilayah didalam wilayah kerjanya

a. Pertemuan Konsultasi dan mobilisasi CBO dan group komunitas, diadakan di Solo, Jawa tengah pada akhir bulan April 2012 dengan mendatangkan 16 CBO. Hanya 15 CBO (1 CBO diundang hanya sebagai narasumber) dimasukan kedalam target “Top indicator – ISEAN Hivos Program (IHP)” dari 13 CBO yang ditargetkan untuk Indonesia. Pemenuhan target ini bisa dihasilkan walaupun minimnya pendanaan yang ada dan juga dikarenakan kesediaan teman-teman CBO untuk hadir ke pertemuan dengan transportasi darat yang jauh lebih murah daripada transportasi udara.

b. Pelatihan ToT- Modul “Leadership, Governance and Strategic Development” di Bali pada awal Juni 2012. Setiap Negara yang terlibat dalam ISEAN Hivos Program (IHP) diminta untuk mengirimkan 4 orang candidat yang akan dilatih untuk menjadi trainer dalam pelaksanaan modul “Leadership, Governance dan Strategic Development” dimana GWL-INA mengirimkan 2 orang dari Seknas (Adi dan Pipiet) 1 orang Kordinator wilayah dan 1 orang CBO representative yang sudah punya pengalaman dalam pembuatan rencana strategi lembaga (Rafael Hindrikus da costa – GAYa Nusantara). Pelatihan berjalan sukses dan kegiatan dilanjutankan dengan sosialisasi hasil modul yang disampaikan perwakilan CBO dan stakeholder. Perwakilan CBO yang dipilih dikarena minimnya dana yang ada maka diputuskan hanya perwakilan CBO yang berada di Jakarta saja yang diundang dalam pertemuan tersebut.

c. Pelatihan Peningkatan kapasitas “Pembuatan Rencana Strategis CBO”. Kegiatan ini diadakan di 2 tempat yaitu di Semarang, Jawa Tengah untuk CBO yang berasal diwilayah kordinasi Jawa dan di Bogor, Jawa Barat untuk CBO yang berasal dari wilayah kordinasi Sumatera-kalimantan dan Indonesia Bagian Timur. 10 CBO ikut serta dalam pelatihan ini dengan alasan pemilihan dari CBO berdasarkan atas:
· Wilayah target Indicator IBBS yang sebagian besar berada di pulau Jawa
· Minimnya pendanaan dari IHP
· Persyaratan lainnya yang diminta oleh IHP didalam workplan

Target indicator yang dibebankan untuk Indonesia adalah 2/3 dari CBO yang ikut dalam pelatihan akan dapat menghasilkan sebuah rencana strategis bagi CBO, dimana proses pembuatan dari rencana strategis CBO ini juga sangat sempet atau mepet. Namun GWL-INA SR berhasil memenuhi target indicator yang diminta dimana hal ini dikarenakan kerjasama yang baik dan kerja keras teman CBO yang mengikuti pelatihan didalam menyelesaikan rencana strategis CBOnya.

Catatan: Bagi CBO yang belum ikut serta dalam pelatihan ini, diharapkan untuk bersabar karena pelatihan ini tidak hanya diadakan sekali tapi akan diadakan juga pada kesempatan lainnya (fase 2)

d. Kegiatan Supervisi. Kegiatan supervisi selama quartal ke-3 ini lebih banyak oleh area coordinator dari wilayah Jaringan GWL-INA dimana sebagian besar dari kunjungan yang dilaksanakan berdasarkan permintaan dari CBO yang dituju.

Demikian laporan singkat program ISEAN Hivos yang telah dilaksanakan oleh GWL-INA selaku Sub-Recipient dan melakukan kerja-kerjanya di Indonesia. Jika ada teman-teman ingin menanyakan informasi lebih jauh terkait program ISEAN Hivos kami di Sekretariat GWL-INA akan senang membantu dan menerima masukan-masukan ataupun pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan

Salam Hormat
Harry Prabow0

Leave a comment

Your email address will not be published.