Informasi Perkembangan Pengajuan Proposal Phase 2 GFATM R8 dan R9

Dear Temans Jaringan GWL-INA,

Bersama postingan ini saya ingin menyampaikan sedikit informasi terkait proposal pengajuan phase 2 GF-R8 dan R9 atau yang disebut juga dengan Single Stream Fund (SSF) telah dikirimkan ke GFATM beberapa bulan yang lalu, namun dalam prosesnya GFATM meminta Indonesia untuk melakukan beberapa revisi dari proposal phase 2 yang sudah dikirimkan dan diminta untuk mengirimkan kembali hasil revisi proposal tersebut pada pertengahan bulan Agustus 2012 ini

Didalam membuat revisi proposal phase 2, juga telah dilakukan marathon meeting yang agenda utamanya adalah menentukan strategy yang tepat agar proposal Phase 2 bisa memberikan dampak yang lebih baik lagi. Salah satu strategy yang diangkat didalam proposal phase 2 tersebut adalah memulai sebuah program Continuum of Care (CoC) yang merupakan sebuah layanan kesehatan komprehensif dimana dalam kegiatan ini akan menggunakan pendanaan campuran antara APBN dan GFATM.

Sedikit penjelasan tentang Continuum of Care (CoC) atau dalam bahasa Indonesianya adalah Layanan Kesehatan yang Berkelanjutan (LKB) yaitu sebuah layanan kesehatan yang akan diberikan kepada masyarakat dengan pelibatan secara penuh dari pihak-pihak stakeholder, termasuk didalamnya komunitas dan populasi kunci. Jika melihat strategy CoC yang akan dijalankan ini maka pada phase 2 nanti akan semakin banyak juga pelibatan komunitas yang lebih berarti lagi didalam program-program yang dijalankan oleh pemerintah melalui pendanaan GFATM.

Selain itu perlunya strategy-strategy inovatif khususnya strategy dengan memanfaatkan Informasi Komunikasi dan Teknologi (ICT). Pendekatan ICT ini diharapkan juga agar dapat mendongkrak cakupan program khususnya cakupan program bagi komunitas GWL yang masih sangat kecil (9%).

Oleh karena itu, kami di Sekretariat Nasional Jaringan GWL-INA meminta kepada teman-teman semua untuk membantu proses yang akan dijalankan dalam program GF di phase 2 dan meminta agar cakupan program bisa juga ditingkatkan khususnya dengan mamanfaatkan dan memaksimalkan saluran ICT, baik dalam facebook, Twiteer dll.

Demikian informasi ini saya sampaikan dengan harapan bahwa postingan ini bisa memicu teman-teman anggota jaringan GWL-INA untuk lebih berperan aktif dan terus mencoba melakukan inovasi-inovasi ICT agar cakupan program bagi komunitas yang masih kecil dapat diperbesar yang nantinya akan dapat memberikan dampak yang berarti bagi komunitas.

 

Salam

Harry Prabowo

Nationa Program Manager of GWL-INA Network

Leave a comment

Your email address will not be published.